Kembali ke Beranda

Koran Poskota

 

Profil

Poskota adalah koran/ surat kabar harian yang diterbitkan di Jakarta untuk kalangan menengah kebawah sebagai target pembacanya. Koran Poskota umumnya berisi berita-berita lokal, kriminalitas, masyarakat, olahraga, dan selebriti, dalam perkembangannya, isi pemberitaan Pos Kota mulai menampilkan berita-berita politik. Di era tahun 2000, Pos Kota memiliki tiras surat kabar harian tertinggi di Indonesia dengan 600.000 eksemplar per hari.

Sejarah

Pendiri Koran/ Harian Poskota  adalah mantan Menteri Penerangan di era Pemerintahan Soeharto. Sosok Harmoko memang bukan pendiri tunggal, masih ada lagi sosok lain seperti Yahya Suryawinata (wartawan), Tahar .S. Abiyasa (wartawan), S.Harsono (Pengusaha), dan Pansa Tampubolon (Pengusaha). Bermula dari kehadiran Harmoko di sebuah seminar bertajuk “Asia Assembly” pada april 1970 di Manila, menjadi langkah awal kelahiran Pos Kota. Dari seminar inilah Harmoko mendapatkan ide untuk melahirkan Surat Kabar Populer yang bernama Pos Kota.

Sebelumnya, di tahun 1969,  Harmoko dan kawan-kawan sudah memiliki niat untuk membuat surat kabar. Rencana Harmoko urung dilakukan karena keinginannya untuk membuat surat kabar yang berbeda dari surat kabar yang sudah ada saat itu. Umumnya, pemberitan koran harian saat itu hanya berorientasi pada isu politik dan terkesan serius. Jika dengan membuat koran yang sama, maka dasar pertimbangannya sudah pasti tidak akan laku di pasaran. Karenanya, perlu ada sebuah terobosan untuk merebut minat pembaca.

Sebagai koran lokal yang terbit di jakarta dengan minat pembaca dari kalangan masyarakat bawah, Pos Kota pernah mengungguli Kompas untuk oplah penjualan. Pada 15 april 1970, Pos Kota terbit dengan oplah 3.500 eksemplar. Saat itu, tiras Pos Kota makin melejit dengan capaian 21.000 eksemplar dengan isi pemberitaan yang mengulas kelahiran bayi ajaib Cut Zahara dan pemberitaan seputar peristiwa kematian Presiden Soekarno. Berkat animo masyarakat kota jakarta yang cukup besar, pada kurun waktu di era 70’an, oplah Pos Kota mampu mencapai 30.000-60.000 eksemplar. Fenomena yang terjadi saat itu telah memberikan kesan bahwa surat kabar populer yang mengangkat isu-isu kriminalitas, kekerasan, dan seksualitas adalah cerminan dari minat baca masyarakat luas saat itu.

Perkembangan

Usulan nama PosKota sebagai brand image adalah kreasi cemerlang dari seorang Harmoko. Ciri khas dari Pos kota dapat dengan mudah dilihat dari segi isi pemberitannya. Dari segi tampilan, ciri koran ini bisa di lihat dari tampilan tata letaknya yang tidak beraturan. Misalnya, lead berita dan tubuh berita di tata berdempetan dan tidak beraturan, bahkan beberapa diantaranya terkadang diberi warna yang mencolok untuk menarik perhatian. Untuk segi isi pemberitaannya, awalnya koran ini hanya mengulas pemberitaan yang berkaitan dengan kriminalitas, hukum, seksualitas, dan olahraga. Namun, saat ini pemberitaan Pos Kota juga mengulas isu-isu politik. Tak jarang pula isu-isu yang terkait perkembangan politik nasional menjadi headline pada koran harian ini. 

Referensi

  1. id.wikipedia.org

 

Untuk Informasi Lebih Lengkap Mengenai Pasang Iklan Koran/ Harian/ Surat Kabar Poskota dapat Menghubungi:

Evi Bahtiar ( Account Executive PT Baktiartha Perdana)
Phone : 0813 - 1019 0842 - (021) 7403423
E mail : evinuryati@yahoo.com

PT. Baktiartha Perdana:
Jl. Duta Darma VI Blok D6/10 Pondok Hijau Ciputat, Jakarta Selatan
Phone : 740 3423 - Fax : 740 3423
E mail : marketing@baktiartha.co.id

Website : www.baktiartha.co.id

Jam Operasional
Senin s/d Jumat Pukul 09.00 – 17.00 WIB
Sabtu Pukul 09.00 – 12.00 WIB
Minggu dan Libur Nasional Tidak Beroperasi


Hubungi Kami

PT BAKTIARTHA PERDANA
Jl. Duta Darma VI Blok D6/10 Pondok Hijau
Ciputat, Jakarta Selatan
Phone : (021) 740 3423 Fax : (021) 740 3423
GSM : 0813 1019 0842
E-mail : evinuryati@yahoo.com
marketing@baktiartha.co.id

Jam Operasional
Senin s/d Jumat : Pukul 09.00 – 17.00 WIB
Sabtu : Pukul 09.00 – 12.00 WIB
Minggu dan Libur Nasional Tidak Beroperasi


Info kami di media sosial

Ikuti kami di Facebook, Twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami.


YouTube Subscribe

Rekening Bank




Jajak Pendapat

Apakah Anda puas dengan layanan kami?

  Sangat Puas
  Puas
  Cukup Puas
  Biasa aja
  Tidak Puas

Note: Dibatasi 1 IP Address per survey

Video Informasi

Lihat Semua

Informasi Terbaru


DMCA.com Protection Status

mypagerank
Google PageRank Checker